Menaikkan Limit Kartu Kredit Dengan 28 Cara Mudah

Artikel berikut menjelaskan cara menaikkan limit kartu kredit. Hal yang menjadi perhatian bagi pengguna Kartu Kredit adalah limit. Percuma memiliki Kartu Kredit banyak tapi berlimit kecil. Lebih baik sedikit tapi berlimit besar.

Namun tak semua orang beruntung. Jadi hal yang bisa diharapkan dengan menaikkan limit Kartu Kredit nya.

Karena tiap Kartu Kredit memiliki ciri khas yang berbeda. Ada cara yang tidak bisa digunakan namun banyak juga yang bagus di pakai. Berikut 28 cara menaikkan limit kartu kredit :

1. Pakai di Luar Negeri

menaikkan limit kartu kreditSering pakai Kartu Kredit di luar negeri akan cepat meningkatkan limit Kartu Kredit. Tidak mesti sering, hanya satu kali transaksi saja pun bisa.

Dipakai di toko apa?

Hampir semua toko di luar negeri bisa menggunakan Kartu Kredit. Karena sudah banyak yang punya mesin EDC di sana.

Contoh di India. Para penjual buah di pinggiran jalan mereka punya mesin EDC.

Kalau tidak punya duit keluar negeri?

Kartunya saja yang keluar negeri, tidak mesti orangnya.

Caranya?

Dititipkan ke teman yang mau keluar negeri! Tidak mesti teman, bisa Bos, keluarga, saudara, tetangga atau pacar.

Yang mesti diperhatikan ketika Kartu Kredit dititipkan keluar negeri:

1) Hapus 3 nomor CVV di belakang Kartu Kredit

Bukan curiga sama teman/saudara kita, tapi hati-hati sama orang luar negeri sana. Karena bisa jadi digunakan untuk transaksi online mereka.

Hapus pakai apa?

Cutter, namun sebelum dihapus dicatat dahulu nomor CVV nya ya! Kali aja suatu saat mau belanja online.

2) Jangan untuk transaksi pembayaran besar

Contoh hotel, mereka biasa juga meminta passpor untuk mengecek.

Pakai untuk transaksi kecil. Seperti makan di restoran atau beli oleh-oleh.

Wah repot ya?

Benar, tapi efek kenaikan limit nya? BESAR!

Apa mau teman kita dititipkan Kartu Kredit?

Ada trik nya :

1) Menangkan mereka di awal

Cari “Apa untungnya mereka bawa Kartu Kredit Anda?

Dengan mentraktir mereka satu kali makan di sana. Minta mereka bayar restoran dengan gesek Kartu Kredit kita.

Bilang nya :

“Bro jadi keluar negeri? Nih bawa Kartu Kredit Saya, nanti pakai untuk 1x makan di sana. Gratis!”

Di Eropa sekali makan sekitar 300rb. Lumayan sih 300rb. Tapi daripada kita mesti keluar duit ke Eropa? Mana dapat 300rb jalan-jalan ke luar negeri.

2) Bilang kalau tidak pakai Kartu Kredit di luar negeri bisa repot

“Dari pada repot tukar duit, lalu bawa semua duit di sana (yang konon rawan copet, terutama di paris) mending bawa Kartu Kredit aja!”

“Punya Kartu Kredit tidak? Pakai Kartu Kredit Saya aja, nanti pakai aja dahulu, bayar nya sebulan kemudian, enak kan!”

Repot sih, tapi coba liat efek Kartu Kredit digesek di luar negeri:

1) Status Anda di mata Bank meningkat

“Wah…, orang kaya nih, jalan-jalannya ke Eropa”

2) Limit naik

Naik nya BESAR!

3) Ditawarkan Kartu Kredit lain dari Bank yang sama.

Contoh:

Jika sudah punya Visa di Bank tertentu , biasanya ditawarkan Master Card nya juga dari Bank yang sama (tentu limit terpisah).

Cara ini sangat ampuh. Bahkan Anda tak perlu minta, biasanya otomatis akan dinaikkan sendiri.

Minta juga tidak masalah, tapi mesti di awal minta nya ya!

Contoh:

Seminggu sebelum Kartu Kredit dititipkan keluar negeri, telepon Bank penerbit Kartu Kredit.

bilang nya:

“Minggu depan Saya mau jalan-jalan ke Eropa, tolong limit Kartu Kredit Saya dinaikkan karena Saya akan belanja banyak di sana!”

Biasanya akan dinaikkan sementara. Kalau ternyata jadi Kartu Kredit digesek di luar negeri, limit sementara nya berubah menjadi tetap.

2. Konsumtif, Penggunaan yang Aktif, Sering & Berkala

menaikkan limit kartu kreditKartu Kredit semakin sering dipakai semakin sering dinaikkan limit nya. Usahakan belanja apa pun, di mana pun dan kapan pun menggunakan Kartu Kredit. Selain mendapatkan poin, juga naik limit.

Buat kelihatan Anda sering belanja di banyak tempat. Contoh, limit Anda 10jt dipakai sedikitnya di 9 tempat berbeda (semakin banyak semakin baik).

Penggunaan aktif juga banyak manfaatnya, seperti mendapat diskon dan hadiah dari toko-toko yang bisa menggunakan Kartu Kredit. Jadi, jangan hanya menyimpan Kartu Kredit di rumah ya!

Pentingnya menggunakan Kartu Kredit secara berkala, karena Bank akan melihat tingkah laku pemilik kartu berdasarkan histori Kartu Kredit.

Namun penggunaan nya angan sampai kebablasan ya! Jangan sampai  kaget dengan tagihan nya. Tunjukkan bahwa Anda nasabah yang aktif dengan sering menggunakannya, sehingga Bank senang menaikkan limit Kartu Kredit.

Saat ini, transaksi menggunakan kartu kredit semakin tumbuh besar, dibarengi dengan perkembangan ekonomi.

Efek nya?

Bank makin sering menaikkan limit Kartu Kredit nasabah yang aktif menggunakan. Mulai sekarang, ubah pikiran bahwa Kartu Kredit hanya lah dana darurat/ cadangan saja.

Kabar baiknya BI menargetkan kenaikan transaksi menggunakan Kartu Kredit sebesar 15-20% di tahun 2015 kemarin. Jadi siap-siap nasabah aktif limit bakal sering dinaikkan.

3. Jangan Terlihat BU (Butuh Uang)

menaikkan limit kartu kreditTidak ada yang senang dengan orang yang kesusahan. Tidak ada yang mau meminjamkan uang ke orang yang kesulitan uang. Begitu pun Bank, jadi tunjukkan Anda ingin menaikkan limit bukan karena putus asa dengan uang.

Alasan yang bagus meminta kenaikan limit:

  1. Ingin jalan-jalan keluar negeri
  2. Ingin beli mesin untuk mengembangkan bisnis
  3. “Saya harap dengan penambahan limit ini, bisa membantu pengembangan bisnis Saya”

Alasan buruk meminta kenaikan limit :

“kenaikan limit ini sangat penting, karena Saya baru kehilangan pekerjaan”

Kenapa Bank tidak senang kepada orang yang Butuh Uang?

Karena Bank berpikir Anda kurang mampu mengelola keuangan.

Indikasi lain Anda terlihat BU jika Anda sering tarik tunai di ATM. Karena jika Kartu Kredit buat belanja, berarti Anda nasabah konsumtif (tentu Bank senang). Namun jika tarik tunai, berarti anda Nasabah yang Butuh Uang.

4. Ajukan, Jangan Menunggu

menaikkan limit kartu kreditBagi sebagian orang, dengan mudah limit mereka terus dinaikkan tanpa pengajuan (otomatis). Namun bagi sebagian besar lainnya, limit Kartu Kredit mereka tidak pernah dinaikkan

Mengapa?

Karena setiap Bank memiliki peraturan berbeda-beda, tiap orang memiliki nasib berbeda-beda, dan tiap kartu kredit memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Karenanya, jika Anda merasa sudah memiliki kartu lebih dari 1th, selalu lancar bayar, menggunakannya sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, dan tidak pernah telat bayar cicilan “Tapi” tidak pernah dinaikkan limitnya… sudah saatnya Anda mengajukan untuk meminta menaikkan  limit!

Bagi Anda yang berharap memiliki limit besar, ajukan kenaikan limit 6 bulan sekali. Cara pengajuan bisa datang langsung ke Bank penerbit Kartu Kredit. Nanti akan diberikan formulir pengajuan kenaikan limit.

Namun sebagian besar Bank lain cukup dengan hanya meng-email kan data-data yang diperlukan. Seperti Foto Kopi KTP, Foto Kopi Kartu Kredit bagian depan dan selip Gaji/ SPT terbaru.

Meski pembayaran Anda lancar & sejarah pemakaiannya bagus, bisa jadi mereka melupakan Anda, karena Bank adalah institusi yang sibuk, tentu saja mereka memiliki nasabah yang banyak. Mau tidak mau, sebaiknya kita meminta mereka langsung.

Normalnya, jika meminta langsung akan dikenakan biaya, tidak seperti kenaikan otomatis. Terkadang meminta langsung pun tidak dikenakan biaya, namun jika prosesnya lama (beberapa minggu kemudian). Yang dikenakan biaya biasanya yang cepat (proses 3 hari).

Hal yang mesti diperhatikan sebelum meminta Bank, pastikan catatan  penggunaan Kartu Kredit Anda bagus. Normalnya Bank menaikkan limit jika umur Kartu Kredit sudah melewati 1th. Jika belum ada kenaikan, tidak ada salahnya kita mengingatkan mereka.

5. Pakai Lebih Dari 1 Tahun

menaikkan limit kartu kreditPastikan Kartu Kredit Anda berusia lebih dari 1th. Jika sudah melewati berarti Anda sudah menjadi nasabah yang loyal. Nasabah yang loyal mudah diberi kenaikan limit, namun pastikan juga pemakaian Anda selama 1 tahun tersebut bagus.

Bank baru bisa membaca statistik pola penggunaan Kartu Kredit jika umur Kartu Kredit lebih dari 1th. 1 tahun ini juga yang menentukan apakah Kartu Kredit Anda akan selalu naik limit atau tidak?

Jika 1 tahun pertama Kartu Kredit Anda ada kenaikan limit. “Selamat!” Selanjutnya akan ada kenaikan di 6 bulan kemudian (bahkan bisa jadi 3 bulan saja). Namun jika dalam 1 tahun kemudian tidak ada kenaikan? siap-siap, biasanya memang tidak akan ada kenaikan sampai kapan pun. Lebih baik di gunting saja Kartu Kredit nya.

6. Penggunaan Maksimal

menaikkan limit kartu kredit
Bank tidak akan menaikkan limit, jika ternyata pemakaian hanya sedikit.

“Di kasih limit besar saja hanya dipakai seadanya, buat apa dinaikkan?”

Jadi jangan berharap Kartu Kredit Anda akan naik limit jika pemakaian hanya di bawah 40%.

Pemikiran Bank:

“Di kasih limit tapi hanya dipakai di bawah 40%, lebih baik menaikkan Kartu Kredit orang lain yang pemakaiannya besar”

Pemakaian Kartu Kredit maksimal merupakan pertimbangan baik untuk kenaikan limit. Namun jangan sampai overlimit juga ya!

Contoh kasus:

Di kasih limit 10jt, pakai hingga 9jt. Dan besok nya langsung bayar lunas. Terus lakukan hal tersebut 3x kali dalam sebulan. Maka total pemakaian limit Anda hampir 300% dalam sebulan (namun tidak overlimit ya). Hampir dipastikan, dalam 3 bulan akan dinaikkan limitnya, bahkan bisa lebih 100% naiknya.

Kenapa mesti pemakaian maksimal?

Jelas karena Bank untung, sekali mereka untung, mereka akan berusaha meningkatkan keuntungan dengan cara menaikkan limit Kartu Kredit Anda. Jadi, meski Anda nasabah yang sudah lama. Namun pemakaian sedikit, jelas tidak akan dinaikkan limitnya.

Pemakaian maksimal ini mesti terus dilakukan

Sampai kapan?

Sampai limit dinaikkan

7. Bayar Penuh/ Minimum

menaikkan limit kartu kreditJika Anda memiliki Kartu Kredit dari Bank yang bisnis utamanya memang Kartu Kredit dan Anda selalu bayar penuh. Hampir dipastikan dalam 1 tahun limit akan naik otomatis.

Namun jika ternyata Kartu Kredit nya dari Bank yang bisnis utamanya bukan di Kartu Kredit. Sebaiknya bayar minimum. Namun untuk pembayaran minimum ini, jangan terlalu sering juga, jauh lebih baik utamakan bayar penuh.

Usahakan bayar tagihan sebelum jatuh tempo, bagus lagi begitu keluar tagihan segera bayar tagihan tersebut. Nanti atau sekarang kan sama-sama bakal bayar, kalau bisa cepat, kenapa diperlambat?

8. Jangan Telat Bayar

menaikkan limit kartu kreditSatu dua kali si tidak masalah, namun ada Bank yang tidak akan menaikkan limit Kartu Kredit dalam setahun jika pernah telat bayar 2x dalam tahun tersebut.

Sering telat menunjukkan Anda orang yang gagal mengatur keuangan. Jelas Bank tidak senang dengan nasabah tersebut. Telat bayar juga menunjukkan Anda kekurangan uang atau modal. Tentu Bank berpikir ulang menaikkan limit Kartu Kredit Anda.

Telat bayar mengakibatkan berubah nya status Anda yang lancar menjadi tidak lancar. Bank menyimpulkan Anda sedang ada masalah keuangan, jangan berharap Bank menaikkan limit Anda.

Bahkan tidak sedikit nasabah yang tidak pernah telat namun sulit naik limit nya, apalagi yang pernah telat?

9. Ajukan Kartu Kredit Baru

menaikkan limit kartu kreditMaksudnya?

Jika Anda punya Kartu Kredit, tidak pernah naik limit dan sudah mengajukan kenaikan limit ditolak. Gunakan Kartu Kredit tersebut untuk mengajukan Kartu Kredit lain. Kartu Kredit baru yang akan didapat biasanya akan mengikuti limit Kartu Kredit sebelumnya. Bahkan banyak juga yang lebih.

Di sini kuncinya!

Gunakan Kartu Kredit awal, untuk mengajukan banyak Kartu Kredit baru. Kartu Kredit baru yang didapat dipertahankan. Kartu Kredit awal yang tidak pernah naik limit bisa di gunting

10. Minta Sewajarnya

menaikkan limit kartu kreditPengajuan menaikkan limit kartu kredit itu penting, tapi di setujui pengajuan nya itu jauh lebih penting.

Biar tidak sia-sia pengajuan nya. Mintalah sewajarnya. Jangan limit 10jt, minta dinaikkan menjadi 50jt. Itu namanya bunuh diri, kalah sebelum berperang. Tak mungkin disetujui. Normalnya kenaikan limit yang disetujui hanya sekitar 25-50% dari limit.

Contoh :

Limit awal 10jt, minta saja 80%nya yaitu menjadi 18jt. Maka kenaikan yang di setujui bisa 50% nya, yaitu menjadi 15jt.

Kalau pengajuan nya sebesar 50%, biasa malah di setujui hanya 25%. Jadi tingkatkan permintaan, karena yang biasa di setujui di bawah permintaan kita.

Tapi jangan tidak tau diri juga seperti di atas, dari 10jt menjadi 50jt berarti kenaikan jauh di atas 100%. tentu tidak bakal disetujui, kecuali Anda pakai jaminan.

Maksudnya jaminan?

Sabar…. baca terus aja artikelnya ya.

11. Pancing Dengan Kartu Kredit Lain yang Limitnya Lebih Besar

menaikkan limit kartu kreditKetika pengajuan menaikkan limit kartu kredit, beberapa Bank ada yang meminta data yang  harus di email kan seperti surat pernyataan permintaan kenaikan limit/ SPT terbaru/ rekening 3 bulan terbaru.

Saat itulah jika Anda memiliki Kartu Kredit lain yang limitnya lebih besar dibanding Kartu Kredit yang diinginkan kenaikan limitnya, maka disertakan pula/ di email kan juga.

Dengan hal ini, bermaksud agar Bank mempertimbangkan kenaikan limit tersebut sebesar limit Kartu Kredit yang dikirimkan di email tersebut. Jika beruntung limitnya bahkan bisa lebih dari Kartu Kredit yang dilampirkan tersebut.

12. Jaga Kredibilitas Anda di Mata Bank

menaikkan limit kartu kreditCaranya?

Jaga histori segala kredit yang pernah Anda miliki. Bukan hanya Kartu Kredit bisa juga KTA, KPR, KMK, KUR dan lain-lain.

Semakin lancar pembayaran, semakin besar Bank menaikkan limit Kartu Kredit nya. Semakin bagus sejarah pemakaian, semakin diterima pengajuan kenaikan limitnya

Yang akan dilihat Bank : Pernah tidaknya telat? ambil kredit apa saja? besarnya kredit yang diambil? .

13. Sekali-kali Untungkan Bank

menaikkan limit kartu kreditBanyak cara untuk menguntungkan Bank, seperti:

  1. Mengubah tagihan menjadi cicilan
  2. Membayar iuran tahunan
  3. Membayar bunga karena tidak melakukan pembayaran penuh

Kenapa mesti sekali-kali menguntungkan Bank?

Untuk menarik perhatian Bank!

Ada jutaan pengguna Kartu Kredit, jika pola yang dipakai sama? Bagaimana mereka mengenal kita dari jutaan pengguna lainnya?

Salah satu menarik perhatiannya ya dengan sekali-kali menguntungkan mereka. Tapi jangan terlalu sering ya! Nanti bisa menjadi pola dan kebiasaan baru.

Maksudnya ?

Contoh untuk nomor 3 di atas!

“Membayar bunga karena tidak melakukan pembayaran penuh”

Kalau memang sering tidak pembayaran penuh, Bank menganggap kita orang yang kekurangan uang. Sehingga malah susah menaikkan limit Kartu Kredit selanjutnya.

Satu alasan lagi mengapa perlu sekali-kali memberikan keuntungan adalah menunjukkan bahwa Anda adalah peminjam yang baik dengan memberi keuntungan kepada peminjam.

Tapi jangan terlalu sering ya, nanti malah bisa terjebak utang kalau tidak pintar-pintar.

14. Menaikkan Limit Kartu Kredit Dengan Melunasi Tagihan

menaikkan limit kartu kredit

Ini jelas poin yang sangat penting, bagaimana Anda bisa dinaikkan limit jika masih ada tagihan yang menunggak?

Jangankan menaikkan limit kartu kredit, malahan bisa di blokir Kartu Kredit nya. Biasanya sekali Anda di blokir di suatu Bank, maka tidak akan bisa mengajukan Kartu Kredit lagi di Bank tersebut.

15. Pemakaian Antara 40-70% Limit

menaikkan limit kartu kreditPemakaian di bawah 40%, menunjukkan Anda nasabah pasif pengguna Kartu Kredit, Bank sulit menaikkan limit kartu kredit, karena limit yang diberikan saja hanya sedikit yang digunakan, buat apa dinaikkan lagi limitnya?

Pemakaian di atas 70%, menunjukkan Anda nasabah yang tidak pintar mengatur keuangan. Besar pasak daripada tiang. Bank merasa was-was menaikkan limit, seperti sedang memelihara anak macan, semakin besar, semakin berbahaya.

16. Jangan buru-buru minta kenaikan limit

menaikkan limit kartu kreditJika umur Kartu Kredit Anda masih baru (di bawah 1 tahun), jangan pernah minta menaikkan limit kartu kredit. Alasannya jelas, Anda belum dikenal Bank. Jika sudah lewat 1th, maka Bank sudah mengenal pola penggunaan Kartu Kredit Anda.

Juga jangan minta menaikkan limit karena sedang terdesak/ tergesa-gesa butuh uang. Contoh:

“Tolong tingkatkan limit Kartu Kredit Saya sekarang, saya butuh dana untuk bayar rumah sakit!”

Dengan menunjukkan terburu-buru, Bank malah ragu menaikkan limit Anda. Mengapa?

Karena Bank perlu waktu untuk memutuskan:

  • Apakah sudah waktunya limit Kartu Kredit Anda dinaikkan?
  • Apakah Kartu Kredit Anda memang sudah perlu dinaikkan limitnya sekarang?
  • Apakah Kartu Kredit Anda memang layak dinaikkan limitnya?

Justru sebaiknya limit Anda naik secara alami, bukan karena permintaan.

17. Pengkinian Data

menaikkan limit kartu kreditJika Anda karyawan, lakukan pengkinian data ketika nominal selip gaji Anda sudah meningkat dibanding ketika pertama kali mengajukan Kartu Kredit.

Jangan tunggu diminta dahulu baru memberikan. Sebaiknya secepatnya.

Ingat “jangan meminta menaikkan limit kartu kredit, lebih baik dinaikkan secara alami”

Maksudnya?

Berikan slip gaji tersebut, tanpa ada pernyataan bahwa Anda juga ingin dinaikkan limitnya. Berikan hanya sebagai “ingin” pengkinian data saja. Jika memang ada data lain yang juga ingin diperbaharui, sekalian sertakan data tersebut. Contoh

  • Perubahan nomor telepon rumah/ HP
  • Perubahan alamat rumah/ kantor
  • Perubahan jabatan di pekerjaan (contoh : Sebelumnya manajer sekarang menjadi Direktur)

Setelah Anda menyerahkan pengkinian data, biasa Bank akan proses kenaikan limit Kartu Kredit Anda “tanpa kita minta”. Justru jika kita juga meminta kenaikan limit, biasa malah tidak dinaikkan atau dinaikkan tapi kecil.

Tunjukkan bahwa Anda memang layak naik limit, bukan karena butuh naik limit. Layak dan butuh jelas beda.

Bagaimana jika pengusaha?

Yang diserahkan biasanya Rekening Tabungan 3 bulan terakhir dan SPT tahunan. Masukkan semua transaksi keuangan Anda di rekening tabungan. Usahakan tabung dahulu uang yang diterima sebelum digunakan. Bayar gaji pegawai dengan sistem transfer, jika belum bisa, buat agar bisa!

Ini bertujuan agar rekening Anda bagus dan ini bukan goreng rekening ya. kalau goreng rekening kan jelas, pakai duit/ dana dari orang lain yang dipinjam/ dana hanya diputar-putar dari rekening Satu ke  rekening yang lain. Biar terlihat besar transaksi nya.

Cara yang Saya ajar di atas hanya mendandani rekening Anda (biar terlihat bagus), bukan menggoreng rekening (menipu)

18. Ikut Program Cicilan

menaikkan limit kartu kreditJika ada limit besar mengendap di Kartu Kredit Anda, biasa akan ada telepon dari Bank menawarkan Cash Advance yang pembayarannya dirubah menjadi cicilan. Dengan bunga rendah.

Sekali-kali boleh diambil tawaran tersebut. Pertama menguntungkan Bank, kedua menarik perhatian Bank. Bank memprioritaskan menaikkan limit kartu kredit ke nasabah nya yang memang menguntungkan.

Bisa juga ketika belanja di pasar swalayan, setelah belanja segera telepon. Bank untuk minta tagihan nya diubah menjadi cicilan, bisa 3/6/12 bahkan 18 bulan.

Juga terkadang  setelah Anda melakukan transaksi besar (tidak mesti di pasar swalayan) akan ada telepon. Dari Bank menawarkan transaksi tersebut agar dibuat cicilan. Jika bunga yang ditawarkan kecil, bisa diambil tawarannya.

19. Bayar Tagihan Autodebet Dengan Kartu Kredit

menaikkan limit kartu kredit

Seperti tagihan bulanan listrik, telepon, internet, asuransi bisa dibayar dengan Kartu Kredit. Biasa dikenakan administrasi sekitar 2.500an

Cara ini memberikan Anda poin plus untuk menaikkan limit kartu kredit, kenapa?

Pertama Anda memang benar pemilik kartu, bukan menggunakan data palsu. Karena data Anda di Kartu Kredit dengan tagihan sama. Kedua, Anda menguntungkan Bank. Meski hanya 2.500an, bayangkan jika yang menggunakan fasilitas ini ada ratusan ribu orang? Berapa ratus juta yang akan diperoleh Bank hanya dari program pembayaran autodebet ini?

Lagi pula, ada beberapa Bank yang memberikan cashback jika Anda menggunakan fasilitas ini. Biasa cashback diberikan 3-6 bulan kemudian semenjak berlangganan fasilitas ini.

Di samping mendapatkan cashback, Anda juga mendapatkan poin dari sejumlah tagihan yang di bayarkan. Dan keuntungan yang paling utama menurut Saya, membuat hidup menjadi mudah, praktis dan nyaman.

Maksudnya?

Semenjak Saya menggunakan fasilitas ini, Saya tidak pernah memusingkan segala tagihan bulanan Saya, seperti, listrik rumah & kantor, telepon rumah & kantor, paket internet rumah & kantor. Saya membayar semua hanya di 1 tagihan Kartu Kredit Saya. Jadi betapa mudahnya hidup Saya dibantu dengan fasilitas ini.

Memang ada biaya administrasi tambahan di setiap tagihan, tapi jelas menurut Saya, jumlah beban administrasi tidak sebanding dengan kemudahan yang Saya dapatkan.

20. Gestun Jangan Bulat

menaikkan limit kartu kreditApa itu gestun? Singkatan dari gesek tunai. Maksudnya? Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel berikut.

Jadi ketika gestun, nominal yang akan digesek jangan bulat-bulat. Seperti 1jt, 5jt atau 10jt. Buat jadi ganjil-ganjil seperti Rp. 1.027.500 atau Rp. 5.113.200 atau Rp. 10.162.700.

Bagaimana caranya?

Tinggal minta Merchant Gestun agar nominal transaksi nya tidak bulat! Mereka pasti mengerti maksud Anda.

Kanapa gestun dilarang? Jelas gestun bisa membuat Anda terjebak hutang (jika dananya tidak digunakan dengan bijak). Jadi mungkin ini trik menaikkan limit kartu kredit yang mesti Anda pertimbangkan baik-baik. Gestun juga bisa membuat ketagihan loh. (menurut para pengguna gestun)

21. Sertakan NPWP

menaikkan limit kartu kreditBuat apa NPWP?

Peraturan terbaru mengharuskan pemilik Kartu Kredit memiliki NPWP jika ingin mendapatkan kredit di atas 50jt.

Bagaimana cara mendapatkannya? Tinggal datang ke kantor pajak, langsung dapat “Gratis”. Jika tidak sempat datang, bisa langsung pengajuan di internet, ketik saja “Daftar NPWP Online”.  Namun tidak langsung jadi, biasanya dikirim beberapa hari kerja kemudian.

22. Minta Kenaikan di Tengah atau Akhir Tahun

menaikkan limit kartu kreditKenapa? Karena pada bulan tersebut Bank sedang mengejar target semesteran. Setiap Bank memiliki target di Kartu Kredit nya. Dan target tersebut selalu membesar setiap semester nya. Jika Anda memiliki kartu kredit, siap-siap dinaikkan limit nya di bulan-bulan tersebut.

Jika tidak dinaikkan?

Ya minta!

Pada bulan tersebut juga, jauh lebih dipermudah syarat-syarat yang diperlukan. Bahkan banyak yang mengajukan menaikkan limit kartu kredit di bulan tersebut, tidak perlu menyerahkan data-data yang diperlukan seperti di bulan lainnya. Tinggal konfirmasi telepon dan beberapa hari kemudian datang SMS konfirmasi dinaikkan nya limit Kartu Kredit nya.

Jadi, usahakan di tengah atau akhir tahun tagihan Anda tidak membengkak. Sebaiknya pemakaian di kisaran 50% saja. Bagus lagi tidak ada tagihan.

23. Gunakan di Tempat yang Berkelas

menaikkan limit kartu kreditMaksudnya berkelas di sini, tempat-tempat yang terkenal Hi- di kelas nya. Contohnya Hotel-hotel berbintang lima, Sogo, Bandara dan lain-lain. Sekali Anda transaksi di sana, anda dicatat sebagai nasabah kelas atas.

Jika sudah tercatat sebagai nasabah kelas atas, maka menaikkan limit kartu kredit akan jauh lebih mudah. Bahkan biasanya akan ada tawaran upgrade Kartu Kredit, contoh dari Platinum ke Signature.

Tidak mesti berjuta-juta menggunakannya. Ratusan ribu juga tidak masalah. Tidak mesti setiap hari. 3/ 6 bulan sekali pun bagus. Yang penting pintar-pintar menggunakannya, jangan sampai kebablasan yang ujungnya terjebak utang  Lagi pula, ditempat-tempat berkelas biasa banyak stan yang menawarkan Kartu Kredit. Jadi bisa sekalian pengajuan Kartu Kredit baru.

Jika kita pengajuan Kartu Kredit di tempat yang berkelas, limit yang didapat juga berkelas.

24. Simpan Dana di Rekening Bank yang Menerbitkan Kartu Kredit

menaikkan limit kartu kreditJika Anda menggunakan Kartu Kredit Bank bc4 dan Anda juga punya rekening Tabungan di Bank bc4, maka taruhlah dana di rekening Bank bc4 selama pengajuan menaikkan limit kartu kredit.

Semakin besar dana yang di simpan, semakin besar kenaikan limitnya.

Tidak mesti pakai uang sendiri, pinjam pun boleh. Bisa dana IMF (Istri-Mertua-Famili), teman , tetangga, bos dan lain-lain.

25. Tutup – Ajukan Kartu Kredit

menaikkan limit kartu kreditLebih mudah ajukan Kartu Kredit baru dibanding menaikkan limit kartu kredit. Jika punya Kartu Kredit limit 5jt, ingin dinaikkan menjadi 50jt, bisa bertahun-tahun prosesnya, itu pun belum tentu bisa (kadang jika dalam 1 tahun tidak ada kenaikan, maka tidak akan ada kenaikan di tahun Selanjutnya.

Kalau ingin cepat. Kartu Kredit limit 5jt tersebut ditutup saja. Nanti 6 bulan kemudian di ajukan lagi Kartu Kredit tersebut. Namun ketika mengajukan, dipersiapkan semua amunisinya. Seperti SPT baru/ Selip Gaji baru. Rekening Tabungan yang sudah di per cantik isinya. Dan sertakan foto Kopi Kartu Kredit lain yang limit nya lebih besar.

Kerjakan proses ini hingga mendapatkan Kartu Kredit dengan limit yang diinginkan. Dari limit 5jt menjadi 50jt, biasa hanya memerlukan 2x proses (di atas 1th), bahkan banyak juga yang hanya dalam 1x proses (6 bulan)

26. BI Checking Collect 1

menaikkan limit kartu kreditApa itu collect?

Sistem di BI yang menentukan lancar tidaknya nasabah. Ada 5 tingkatan di BI yaitu collect 1 – 5. Semakin kecil, semakin Bagus.

Collect 1 berarti Anda tidak pernah telat bayar. kalau sudah seperti ini, ingin mengajukan menaikkan limit kartu kredit atau pengajuan kredit apa pun akan sangat-sangat mudah. Collect 2 berarti pernah telat 1-3 hari. Collect 3 berarti pernah telat lebih dari 1 bulan, jika sudah collect 3 sama efek nya seperti collect 5, yaitu tidak akan bisa mengajukan pinjaman lagi selama 2th.

Tapi kalau memang tidak dibayar, maka tidak akan bisa dapat pinjaman selamanya. Karena status menunggak akan terlihat selamanya di BI. Jadi raport Anda yang dilihat bukan yang Anda dapat selama ini di sekolahan. Tapi di BI lah yang dilihat oleh Bank.

27. Jangan Overlimit

menaikkan limit kartu kreditSetiap Kartu Kredit ada batasan limitnya. Pemakaian penuh dari limit saja buruk, apalagi pemakaian yang overlimit.

Overlimit ada yang disengaja atau yang terpaksa. Yang disengaja seperti pemakaian untuk belanja sampai melebihi limit. Yang terpaksa seperti terkena nya biaya iuran tahunan.

Untuk kasus pertama memang mudah cara menanggulanginya. Bagaimana dengan kasus yang kedua?

Caranya buat catatan tgl iuran tahunan di buku, HP atau komputer. Buat sistem alarm yang akan mengingatkan sebulan sebelum turunnya tagihan iuran tahunan.

Jadi, ketika Anda sudah mengetahui bulan depan akan datang iuran tagihan, selalu sisakan limit sebesar biaya iuran tahunan tersebut. Sehingga ketika turun tagihan + biaya iuran tahunan, Kartu Kredit Anda bebas dari biaya overlimit.

Memang biaya overlimit tidak begitu besar. Namun pengaruh buruk untuk menaikkan limit kartu kredit jauh lebih besar.

28. Ancam Tutup

menaikkan limit kartu kredit

Sebaiknya cara ini digunakan jika cara lainnya tidak berhasil.

Kenapa digunakan sebagai cara akhir untuk menaikkan limit kartu kredit?

Seburuk-buruknya bisa jadi Kartu Kredit Anda benar-benar ditutup. Yang mesti diperhatikan:

  1. Pastikan sebelum menggunakan cara ini telah melunaskan semua tagihan, karena jika kita minta tutup Kartu Kredit wajib tidak ada tagihan apa pun maupun cicilan.
  2. Pastikan pembayaran Anda lancar selama ini. Tidak pernah (jarang) telat bayar tagihan.
  3. Anda memiliki Kartu Kredit lainnya, sebagai persiapan jika ternyata Kartu Kredit Anda benar-benar ditutup.

Kalau memang ternyata permintaan naik limit tidak disetujui dan Kartu Kredit benar ditutup, ya ikhlas kan saja, berarti jodoh Anda bukan di Kartu Kredit tersebut.

Lagi pula, buat apa juga punya Kartu Kredit yang sudah bertahun-tahun tapi limit tidak pernah naik atau hanya naik sedikit. Masih ada puluhan Kartu Kredit lainnya yang menunggu, jangan putus asa.

Demikianlah cara menaikkan limit kartu kredit dengan 28 cara mudah. Jika ada yang belum memiliki kartu kredit bisa membaca artikelnya di sini. Jika ada tambahan dari teman-teman, bisa memberikannya di komentar.

 

 

 

Facebook Comments

Mau dikirimkan artikel ini via email?

Signup now and receive an email once I publish new content.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1 thought on “Menaikkan Limit Kartu Kredit Dengan 28 Cara Mudah”

Comments are closed.